Senin, 29 Februari 2016

Mengenal Komponen dalam delphi 7


  1. Menu
  2. Gambar 1. Menu
         Menu adalah sekumpulan perintah didalam menubar yang terletak di bagian atas window utama. Menu pada Delph ini memiliki kegunaan seperti menu pada aplikasi Windows lainnya. Menu di Dephi ini disediakan sepuluh menu, yaitu File, Edit, Search, View, Project, Run, Component, Database, Tools,Windows dan Help. Masing-masing menu memiliki menu pull down yang berisikan perintah-perintah.

      Speed Bar
  3. Gambar 2. Speed Bar
    Biasa juga disebut dengan Tool Bar, berisi kumpulan tombol yang tidak lain adalah beberapa menu yang sering digunakan setiap tombol pada Speed Bar menggatikan salah satu item menu.


  4. Component Palette
    Gambar 3. Component Pallete
    Merupakan Kumpulan Icon yang Digunakan untuk merancang suatu aplikasi, dimana mereka akan membentuk suatu interface sebuah aplikasi. Dalam Setiap komponen Pallete semua icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.Berikut Beberapa Fungsi Dari Suatu Pallete Standart :
    Gambar 4. Fungsi Component Palette Standart
  5. Form Designer
    Gambar 6. Form Designer
    Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang suatu tampilan aplikasi program yang dapat dimasukkan komponen komponent pallete.

  6. Code Editor 
    Gambar 7. Code Editor
    Bagian dari Delphi yang kita gunakan dalam penulisan Kode Program. Disinilah kita akan menuliskan kode program kita. Secara otomatis delphi akan membuat struktur dari program unit ini, seperti penulisan clausa uses,unit, type dll.
    Untuk menampilkan window ini anda bisa klik dua kali pada komponen yang ingin anda isikan kodenya, misalkan pada komponen button. Jalan lain anda bisa menekan F12 pada keyboard anda.
    Penjelasan dari code editor:

    unit Unit1; //nama unit
    interface
    uses
    Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
    Dialogs; //modul modul yang dipakai dalam program, modul ini telah disediakan oleh delphi.
    Type //mendeklarasikan type utama, setiap unit paling tidak terdiri dari sebuah type
    TForm1 = class(TForm)
    Button1: TButton;
    procedure Button1Click(Sender: TObject); //procedur dari button jika di klik
    Private
    Tuliskan disini procedure, variable yang diperlukan yang HANYA bisa diakses oleh unit ini saja
    { Private declarations }
    public
    Tuliskan disini procedure, variable yang diperlukan yang bisa diakses oleh seluruh unit dalam project.
    { Public declarations }
    end;
    var
    Form1: TForm1;
    implementation
    {$R *.dfm}
    //mulai disinilah anda akan menuliskan kode
    procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
    begin
    //program yang akan dijalankan ketika button 1 di klik
    end;
    end.

  7. Object Inspector &Object Tree View 

    Gambar 8.Object Inspector


    -> Object Inspector merupakan jendela yang digunakan guna mengatur tampilan komponen pada form, seperti menulisan tampilan Caption, Penamaan dari suatu komponent. Object Inspector secara umum terbagi menjadi 2 tab, Yakni :

    -> Object Properties yang digunakan untuk mengatur tampilan dalam suatu komponen baik itu nama, warna, font, border dan lain sebagainya.
    -> Object Event yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari perintah-perintah coding yang kita buat didalam komponent, agar berjalan seperti yang kita inginkan.

    Gambar 9. Object Tree View
    -> Object Tree View yaitu diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis komponen kompenen dalam project program. meliputi Form, Modul, Frame yang sesuai dengan penempatannya. Window ini digunakan untuk melihat komponen apa saja yang digunakan dalam form. Setiap komponen yang berada dalam form akan terlihat disini. Seperti dalam contoh terdapat sebuah komponen button. Jika dalam delphi anda tidak menampilkan window ini maka anda bisa memunculkan dengan klik Window | Object TreeView pada menu bar.

Karaterstik Pemrograman Delphi 7.0
  1. Tidak Case Sensitive
    Pemrograman delphi tidak case sensitive, artinya delphi tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil.
  2. Object Based
    Delphi merupakan pemrograman berorientasi object, artinya hampir seluruhnya merupakan object.
  3. Pemrograman Delphi
    Pemrograman delphi merupakan pengembangan dari pemrograman bahasa pascal, sehingga bahasanya hampir mirip, tatapi memiliki kelebihan yang sangat banyak, seperti tipe data yang lebih fleksibel dan besar.
  4. Modularitas
    Setiap aplikasi yang kita buat dengan delphi akan memiliki banyak sekali file modul yang terpisah. Bisa kita lihat pada clausa uses pada setiap unit, misalkan dalam contoh kita kali ini, kita menggunakan modul form, window, dll. Tetapi dalam pengembangan yang lebih lanjut kita bisa membuat modul khusus untuk aplikasi kita, misalnya modul .dll

2 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

good job gan
Lampu service hp

Anonim mengatakan...

Learn to Play Baccarat - The Ultimate Guide & Rating
Learn how to 1xbet play Baccarat. Learn how to 바카라 사이트 play 바카라 Baccarat, as well as strategies to master winning. Learn the key differences between Baccarat and

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates